SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN DALAM MENENTUKAN PENERIMA PROGRAM INDONESIA PINTAR (PIP) MENGGUNAKAN METODE SAW PADA SMA NEGERI 12 MUKOMUKO

Julita, Lara (2022) SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN DALAM MENENTUKAN PENERIMA PROGRAM INDONESIA PINTAR (PIP) MENGGUNAKAN METODE SAW PADA SMA NEGERI 12 MUKOMUKO. Sarjana thesis, Universitas Putera Indonesia YPTK Padang.

[img] Text
SKRIPSI_18101152610349 LARA JULITA_ABSTRAK.pdf

Download (7kB)
[img] Text
SKRIPSI_18101152610349 LARA JULITA_BAB I.pdf

Download (185kB)
[img] Text
SKRIPSI_18101152610349 LARA JULITA_FULLTEKS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
SKRIPSI_18101152610349 LARA JULITA_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (8kB)

Abstract

Pendidikan merupakan salah satu kebutuhan primer yang harus dipenuhi seluruh warga Indonesia karena pendidikan merupakan jembatan untuk mencerdaskan kehidupan bangsa. Di Indonesia telah diberlakukan wajib pendidikan 12 tahun yaitu dengan menempuh sekolah dasar, Sekolah menengah pertama dan sekolah menengah atas. Saat ini pemerintah telah membuat sebuah trobosan baru dalam dunia pendidikan yang bertujuan untuk mensejahterakan masyarakat melalui bantuan berupa Program Indonesia Pintar (PIP) melalui Kartu Indonesia Pintar (KIP. Sistem Pendukung Keputusan merupakan sebuah sistem berbasis komputer yang digunakan untuk mendukung dalam pengambilan keputusan dengan memanfaatkan data dan model tertentu untuk memecahkan berbagai persoalan yang bersifat semi terstruktur. Sistem Pendukung Keputusan dapat ditemui dalam berbagai bidang diantaranya bidang perkantoran yaitu menggunakan Sistem Pendukung Keputusan dalam Menentukan karyawan terbaik. Penelitian ini bertujuan untuk merancang sistem yang dapat memberikan keputusan terbaik dalam menentukan penerima program Indonesia Pintar (PIP) di SMA N 12 Mukomuko. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode SAW (Simple Additive WeightingI), Dengan adanya sebuah sistem pendukung keputusan berbasis website diharapkan dapat membantu SMA N 12 Mukomuko dalam menentukan penerima Program Indonesia Pintar (PIP). Hasil dari pengujian metode ini tingkat akurasi yang dihasilkan lebih dari 90% berdasarkan data yang di uji coba. Berdasarkan hasil nilai tertinggi yang diperoleh menggunakan metode SAW, maka penelitian ini berhasil dalam menentukan penerima Program Indonesia Pintar di SMA N 12 Mukomuko.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: 0 Research > Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Divisions/ Fakultas/ Prodi: Fakultas Ilmu Komputer
Depositing User: Tri Wahyuni Oktanita A.Md
Date Deposited: 03 Apr 2024 02:07
Last Modified: 03 Apr 2024 02:07
URI: http://repository.upiyptk.ac.id/id/eprint/10113

Actions (login required)

View Item View Item