PERANCANGAN SISTEM PENUNJANG KEPUTUSAN PEMBERIAN BEASISWA KEPADA PESERTA DIDIK BARU PADA UPT SDN 49 LIMAU MANIS KULAM DENGAN MENGGUNAKAN METODE TOPSIS (Technique for Order Preference by Similarity to Ideal Solution) BERBASIS WEB

LISMIANTO, OGI (2021) PERANCANGAN SISTEM PENUNJANG KEPUTUSAN PEMBERIAN BEASISWA KEPADA PESERTA DIDIK BARU PADA UPT SDN 49 LIMAU MANIS KULAM DENGAN MENGGUNAKAN METODE TOPSIS (Technique for Order Preference by Similarity to Ideal Solution) BERBASIS WEB. Sarjana thesis, Universitas Putera Indonesia YPTK Padang.

[img] Text
SKRIPSI_17101152610529 OGI LISMIANTO_ABSTRAK.pdf

Download (169kB)
[img] Text
SKRIPSI_17101152610529 OGI LISMIANTO_BAB I.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (437kB)
[img] Text
SKRIPSI_17101152610529 OGI LISMIANTO_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (504kB)
[img] Text
SKRIPSI_17101152610529 OGI LISMIANTO_FULLTEKS.pdf

Download (4MB)

Abstract

Pemberian beasiswa merupakan sebagian program kerja rutin yang ada di setiap sekolah. Program beasiswa diadakan untuk meringankan beban siswa dalam menempuh masa belajar khususnya dalam masalah biaya. Pemberian beasiswa kepada siswa ini haruslah dilakukan secara selektif sesuai dengan jenis beasiswa yang diadakan. Setiap jenis beasiswa memiliki kriteria atau faktor bobot penilaian yang berbeda-beda, salah satunya beasiswa yang diberikan untuk siswa yang berasal dari keluarga kurang mampu yang haruslah sesuai kemampuan ekonomi yang sebenarnya sehingga tidak kesulitan dalam pembiayaan sekolah. walaupun pihak pemerintah sudah membantu dengan menerbitkan Kartu Indonesia Pintar (KIP) untuk keluarga kurang mampu. Tetapi tidak semua siswa kurang mampu memiliki KIP, sehingga perlu diusulkan beasiswa dengan pertimbangan ekonomi keluarga. Perlu digunakan sebuah program dengan metode pengambilan keputusan yang bisa membantu dalam pemilihan siswa penerima beasiswa. Sebelumnya masih dilakukan secara manual dengan menggunakan sorting pada microsoft excel yangmasih memiliki kekurangan dalam ketepatan hasil, sehingga beasiswa yang diberikan kurang tepat sasaran. Metode Technique for Order Preference by Similarity to Ideal Solution (TOPSIS) adalah salah satu metode yang bisa digunakan sebagai alternatif untuk membantu pengambilan keputusan penerimaan beasiswa.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: 0 Research > Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Divisions/ Fakultas/ Prodi: Fakultas Ilmu Komputer
Depositing User: Tri Wahyuni Oktanita A.Md
Date Deposited: 15 Mar 2024 04:09
Last Modified: 15 Mar 2024 04:09
URI: http://repository.upiyptk.ac.id/id/eprint/10057

Actions (login required)

View Item View Item