APLIKASI SISTEM PAKAR UNTUK MENDIAGNOSA PENYAKIT PADA IBU HAMIL DENGAN METODE FORWARD DAN BACKWARD CHAINING DENGAN MENGGUNAKAN BAHASA PEMOGRAMAN VB.NET DAN DATABASE MYSQL (STUDI KASUS : Bidan Hj. Umil Fahmi, A.Md.Keb)

DEDEFIANDRI, GIVAN (2021) APLIKASI SISTEM PAKAR UNTUK MENDIAGNOSA PENYAKIT PADA IBU HAMIL DENGAN METODE FORWARD DAN BACKWARD CHAINING DENGAN MENGGUNAKAN BAHASA PEMOGRAMAN VB.NET DAN DATABASE MYSQL (STUDI KASUS : Bidan Hj. Umil Fahmi, A.Md.Keb). Sarjana thesis, Universitas Putera Indonesia YPTK Padang.

[img] Text
SKRIPSI_17101152610514 GIVAN DEDEFIANDRI_ABSTRAK.pdf

Download (94kB)
[img] Text
SKRIPSI_17101152610514 GIVAN DEDEFIANDRI_BAB I.pdf

Download (266kB)
[img] Text
SKRIPSI_17101152610514 GIVAN DEDEFIANDRI_FULLTEKS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
SKRIPSI_17101152610514 GIVAN DEDEFIANDRI_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (156kB)

Abstract

Pada saat ini penyakit kehamilan dapat diketahui melalui konsultasi pada dokter spesialis kandungan dan kebidanan yang membutuhkan waktu tidak singkat. Salah satu masalah yang dihadapi oleh ibu hamil pada masa kehamilannya yaitu kurangnya informasi mengenai kesehatan pada ibu hamil. Pasien yang memiliki ketidaktahuan akan bahaya dan apa itu penyulit kehamilan , Keluhan yang dirasakan pada ibu hamil dianggap hal yang wajar tanpa memeriksakan gejala yang dialami, hal ini memicu tingginya ibu hamil yang terdiagnosis penyulit kehamilan. Dengan demikian dibutuhkan sebuah alat bantu berbasis komputer yang dapat membantu mereka untuk memperoleh informasi mengenai gangguan pada kehamilan agar mengurangi angka kematian ibu hamil. Sistem Pakar merupakan salah satu kecerdasan buatan dimana sistem dapat bekerja sesuai dengan pemikiran dari seorang pakar yang bertujuan untuk mendapatkan suatu solusi dan memecahkan suatu permasalahan. Aplikasi sistem pakar ini menghasilkan keluaran berupa suatu aplikasi yang bertujuan untuk mendianosa penyakit pada ibu hamil dengan metode forward dan backward chaining. Pengujian aplikasi sistem pakar dengan metode forward dan backward chaining ini dimulai dari entry data penyakit, gejala dan aturan oleh dokter dan selanjutnya dokter dan asisten dokter dapat melakukan diagnosa terhadap pasien seusai dari pemikiran pakar yaitu dokter itu sendiri

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: 0 Research > Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Divisions/ Fakultas/ Prodi: Fakultas Ilmu Komputer
Depositing User: Tri Wahyuni Oktanita A.Md
Date Deposited: 15 Mar 2024 03:49
Last Modified: 15 Mar 2024 03:49
URI: http://repository.upiyptk.ac.id/id/eprint/10053

Actions (login required)

View Item View Item