RANCANG BANGUN SISTEM PAKAR DALAM MENDIAGNOSA DAN KLASIFIKASI PNEUMONIA DENGAN MENGGUNAKAN METODE CBR (CASE BASED REASONING) IMPLEMENTASI BAHASA PEMROGRAMAN JAVA DAN DATABASE MySQL

PUTRA, YOGA JAFNI PRATAMA (2021) RANCANG BANGUN SISTEM PAKAR DALAM MENDIAGNOSA DAN KLASIFIKASI PNEUMONIA DENGAN MENGGUNAKAN METODE CBR (CASE BASED REASONING) IMPLEMENTASI BAHASA PEMROGRAMAN JAVA DAN DATABASE MySQL. Sarjana thesis, Universitas Putera Indonesia YPTK Padang.

[img] Text
SKRIPSI_17101152610149 YOGA JAFNI PRATAMA PUTRA_ABSTRAK.pdf

Download (10kB)
[img] Text
SKRIPSI_17101152610149 YOGA JAFNI PRATAMA PUTRA_BAB I.pdf

Download (641kB)
[img] Text
SKRIPSI_17101152610149 YOGA JAFNI PRATAMA PUTRA_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (405kB)
[img] Text
SKRIPSI_17101152610149 YOGA JAFNI PRATAMA PUTRA_FULLTEKS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

Pneumonia sebagai infeksi saluran pernapasan akut yang menjadi penyebab kematian utama pada balita dan lansia di dunia maupun di Indonesia. Pneumonia merupakan penyakit yang menyerang parenkim paru yang disebabkan oleh mikroorganisme yang menyebabkan peradangan parenkim paru. Kondisi yang memajukan berbagai aspek industri membuat banyak nya mikroorganisme baru dan pneumonia dengan jumlah elektabilitas yang luas dikarenakan penggunaan kimiawi dalam progresi industri bahkan mobilitas pembuangan gas kendaraan. Pneumonia biasanya sangat sukar untuk dideteksi karena gejala spesimennya sama seperti penyakit batuk dan influenza. Sangat diperlukan informasi fleksibel yang cepat dan tepat dari seorang pakar kesehatan sehingga meminimalisir ketidaktahuan masyarakat dalam perbedaan beberapa pneumonia dan cara penangannya. Penerapan sistem pakar ini menggunakan beberapa lifecycle tahapan yakni analisa kebutuhan sistem, desain, koding dan testing. Sistem Pakar ini direpresentasikan dengan bentuk aturan dan metode penalaran yang mengacu pada Case Based Reasoning. Sistem pakar ini memiliki hasil keluaran solusi dari pendiagnosaan yang efisien dan menghemat waktu dalam penanganan pneumonia yang dialami. Aplikasi sistem pakar desktop ini dibangun dengan menggunakan bahasa pemrograman JAVA dan penyimpanan data MySQL beserta ODBC sebagai penghubung.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: 0 Research > Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Divisions/ Fakultas/ Prodi: Fakultas Ilmu Komputer
Depositing User: Tri Wahyuni Oktanita A.Md
Date Deposited: 14 Mar 2024 03:03
Last Modified: 14 Mar 2024 03:03
URI: http://repository.upiyptk.ac.id/id/eprint/10038

Actions (login required)

View Item View Item